Tips

Panduan Pemilihan Raket Badminton Terbaik

Banyak orang yang sering bertanya mengenai jenis raket badminton apa yang sering digunakan oleh para bintang di lapangan. Mereka berharap dengan memakai raket badminton seperti yang dipakai oleh para pemain badminton profesional, kualitas permainan mereka dapat meningkat. Anggapan ini tentulah keliru sebab sebagus apapun merek raket badminton tersebut, jika tidak sesuai dengan gaya permainan Anda tentu hasilnya juga akan sama saja. Oleh sebab itu, diperlukan beberapa panduan khusus dalam memilih raket badminton terbaik Dengan tips-tips ini diharapkan agar Anda menemukan raket badminton yang paling tepat untuk gaya permainan Anda:

  • Gaya permainan.

Sebelum Anda memilih raket badminton yang sesuai, Anda perlu menentukan karakter atau gaya permainan Anda terlebih dahulu. Dengan memilih raket yang tepat, maka teknik dan kemampuan Anda bisa jadi lebih maksimal. Ada raket untuk tipe permainan menyerang, sebaiknya pilih raket yang tidak begitu fleksibel agar dapat menyalurkan sepenuhnya kekuatan pukulan Anda, terutama smash. Pilihlah yang bobot jenisnya 3U-2U. Ada lagi tipe permainan bertahan, sebaiknya pilihlah raket yang tidak terlalu berat (bobot 4U-3U) dengan titik grip balance-nya sekitar 270-285 cm. Selanjutnya ada tipe permainan bertahan dan menyerang (campuran), Anda bisa memilih raket badminton dengan tipe bobot 3U.

  • Spesifikasi raket.

Cermatilah beberapa hal yang menjadi spesifikasi masing-masing raket badminton mulai dari berat, titik keseimbangan, fleksibilitas atau kelenturan, frame, bahan, diameter pegangan hingga merek raket agar Anda bisa menyesuaikan mana yang paling pas dengan tipe permainan yang Anda pakai.

Berbicara soal spesifikasi raket, ada beberapa poin mendasar yang bisa dijadikan pedoman Anda dalam menentukan raket badminton terbaik di antaranya adalah berat raket, kelenturan serta kekakuan batang raket, bentuk frame atau kepala raket, bahan raket, diameter handgrip (pegangan raket) serta merek raket. Untuk berat raket misalnya, terbagi menjadi beberapa ukuran berat, ditandai dengan huruf “U” yang mana jika nilai “U” semakin tinggi maka semakin ringan pula berat raket badminton.

Sedangkan untuk titik keseimbangan raket, Anda bisa mengetesnya dengan cara: hadapkan jari telunjuk Anda ke atas lalu taruhlah raket pada telapak tangan Anda. Geserlah raket sedikit demi sedikit agar Anda dapat menemukan raket sudah dalam keadaan balance/seimbang. Ini akan menentukan raket yang sesuai dengan gaya permainan Anda. Selanjutnya adalah mengetahui kelenturan dan kekakuan dari batang raket (fleksibilitas) yaitu dengan cara membengkokkan kepala dan handgrip raket perlahan-lahan saat memilih. Hal ini bertujuan untuk menguji akurasi penempatan shuttlecock.

Untuk frame atau kepala raket, ada 2 macam tipenya yaitu tipe frame konvensional dan tipe frame isometric. Tipe frame yang pertama bentuknya oval, sedangkan tipe yang kedua berbentuk agak mendekati persegi. Sedangkan untuk bahan raket, yang berkualitas adalah yang terbuat dari carbonfiber sehingga memiliki sifat aerodinamis dan ringan namun tetap kuat dan tentu saja tak mudah berkarat. Tentu rasanya juga lebih nyaman.

Pemilihan raket badminton terbaik juga ditentukan dari pemilihan diameter gagang atau handgrip raket, dimana dalam hal ini sebenarnya sepele namun ternyata berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat memegang raket alias tidak mantap. Untuk merek raket, tentu hal ini akan berpengaruh pada harga dan selera Anda masing-masing, namun sebaiknya tetap berpedoman pada raket yang original, alias bukan abal-abal sehingga kualitas raket yang diperoleh pun juga akan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *