Properti

7 Tips Memilih Lemari Pakaian Untuk Kamar Yang Sempit

Rumah nggak seberapa luas? Atau masih tinggal di kontrakan? Tentunya dengan tempat tinggal yang sempit, kamar tak seberapa luas Anda harus pandai-pandai menata dan memilih perabotan rumah. Salah satunya adalah cerdas dalam memilih lemari pakaian untuk kamar yang sempit.

Berbagai model dan desain lemari pakaian bisa Anda temukan. Namun, alangkah bijaknya perhatikan dulu saran dan tips memilih lemari pakaian berikut ini. Meskipun tips ini lebih fokus ke kamar yang sempit, namun jika diterapkan pada kamar yang agak luas tentu semakin maksimal.

  • Ukur Berapa Luas Lokasi Yang Tersedia

Pertama, coba ukur dan ketahui luas kamar Anda. Lalu tentukan seberapa luas lokasi yang akan Anda pasang lemari. Nah, jika sudah demikian maka Anda akan bisa memilih lemari pakaian yang berukuran kira-kira pas untuk lokasi tersebut. Jika memang kamar sangat sempit, maka lemari yang tepat tentu harus model minimalis, dan isilah dengan pakaian terpenting saja.

  • Pertimbangkan Lemari Pakaian Untuk Berapa Orang?

Tips memilih lemari pakaian minimalis selanjutnya adalah mempertimbangkan penggunaan lemari pakaian diperuntukkan berapa orang. Jika dalam kamar nantinya akan ditempat 3 orang tentunya diperlukan lemari pakaian yang agak besar. Akan lebih baik jika lemarinya sudah terpasang sekat-sekat sehingga semua penghuni kamar akan punya bagian dari sekat tertentu. Jangan lupa, sediakan setidaknya 2 bagian laci untuk menyimpan aksesori seisi kamar.

  • Pilih Lemari Pakaian Berdesain Minimalis

Memilih lemari pakaian untuk kamar yang sempit maupun luas tentunya juga memperhatikan efisiensi tempat. Untuk kamar sempit tentu sangat penting, sedang untuk kamar yang besar akan membuat kesan rapi dan nyaman dipandang.

  • Pilih Desain Lemari Berpintu Geser, Sangat Elegan dan Hemat Ruangan

Tips memilih lemari pakaian untuk kamar sempit selanjutnya saya sarankan menggunakan lemari pakaian sliding door. Lemari pakaian berdesain sliding door (pintu geser) sangat efisien di kamar sempit, dan berkesan rapi plus mewah di ruang yang luas. Dengan desain pintu geser, maka tak ada ruang kamar yang terhalangi pintu saat Anda membukanya.

  • Pilih Warna Yang Netral Agar Kamar Terkesan Lebih Luas

Pemilihan warna juga berpengaruh pada rasa lega ruangan. Untuk warna lemari, usahakan sama dengan tema warna dinding kamar. Pilihlah warna-warna netral misalnya krem, kuning gading, abu-abu atau putih. Hindari warna-warna gelap karena akan membuat ruangan terasa penuh.

  • Pilil Lemari Dari Bahan Yang Kuat

Selain hemat ruangan, dalam memilih lemari pakaian untuk kamar yang sempit hendaknya berbahan kayu berkualitas semisal kayu jati. Jika kemahalan bisa Anda pilih kayu mahoni, sengon atau akasia. Mungkin harganya agak mahal, namun untuk jangka panjang kayu lebih kuat ketimbang lemari berbahan plastik. Namun jika ada Anda punya pandangan lemari berbahan non kayu dengan daya tahan lama tidak lapuk ataupun berkarat, boleh saja dicoba.

  • Rajin-Rajinlah Menata Pakaian Dengan Rapi

Selain lemarinya minimalis, pintunya hemat ruang, bahannya kuat, besarnya berimbang, ada faktor lainnya agar kamar Anda serasa lega. Rajin dan rapi menata pakaian. Ya, bagaimanapun Anda memilih lemari pakaian untuk kamar Anda, jika baju dan isi lemari tidak rapi tentu tak ada gunanya atau kurang maksimal. Jadi jangan sampai kamar yang sempit masih ditambah suasana berantakan, aksesori berceceran, plus sampah sembarang tempat. Bisa stres rasanya.

Itulah 7 tips memilih lemari pakaian untuk kamar yang sempit di rumah ataupun kos Anda. Cobalah terapkan dan rasakan bedanya. Semoga kamarnya lebih nyaman ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *