Tips

6 Cara Supaya Rumah Anda Jadi Aman

Ketika memasuki musim liburan panjang, rumah sering ditinggalkan oleh pemiliknya untuk pergi berlibur. Di saat yang bersamaan, banyak sekali kasus kejahatan yang biasa kita temukan di koran atau di televisi. Kejahatan memang ada di mana-mana, tugas kita adalah untuk bersiap-siap dan menjadikan rumah kita aman dari para penjahat. Jika dari segi keamanan rumah sudah baik, maka ketika pergi berlibur pun pikiran kita jadi tenang dan liburan jadi lebih terasa asyik. Ada 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah Anda jadi aman dari tangan para penjahat.

Maksimalkan Keamanan

Biasakan untuk selalu menutup tirai atau gorden rumah Anda supaya privasi rumah Anda terjaga karena tidak dapat dilihat secara langsung oleh orang yang berada di luar rumah Anda. Jangan biasakan juga untuk menyalakan lampu selama 24 jam selama bepergian. Hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa ternyata rumah Anda kosong. Lebih baik, gunakan lampu dengan teknologi yang bisa mati dan nyala secara otomatis jika keadaan cahaya di luar rumah sudah gelap.

Kunci Rumah

Untuk bisa masuk ke dalam rumah atau ruangan tertentu, maka kita memerlukan kunci. Kunci rumah jadi benda yang penting karena menjadi salah satu syarat untuk bisa masuk ke dalam rumah. Karena itu, keamanan rumah bisa ditingkatkan dengan meningkatkan keamanan kunci rumah. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan menggunakan kunci pintu digital yang menggunakan sidik jari sehingga tingkat keamanan jadi maksimal. Lupakan juga kebiasaan untuk meletakkan kunci rumah di bawah keset, di bawah pot bunga, atau di tempat-tempat yang sudah diketahui secara umum lainnya. Tak hanya itu juga, apabila Anda baru pindah rumah atau pindah apartemen, segera ganti sistem kunci dari pemilik sebelumnya untuk meningkatkan keamanan ke tukang kunci.

Teralis Pintu

Pastinya Anda jua memerlukan keamanan ekstra, karena jika hanya mengandalkan keamanan dari kunci saja tidak cukup. Bisa saja penjahat atau mencuri membobol pintu dan bisa masuk dengan bebas ke rumah Anda. Karena itu, Anda juga perlu memasang teralis sebagai perlindungan tambahan. Dengan adanya teralis, pencuri atau penjahat jadi sulit untuk bisa masuk ke dalam rumah karena terhalang oleh pintu besi. Tidak lupa juga untuk menggunakan engsel pintu yang arahnya ke luar agar pintu tidak mudah dibobol dari luar.

Pasang CCTV

Jangan ragu lagi untuk memasang CCTV di rumah Anda. Beberapa pencuri biasanya langsung menghindari rumah yang keamanannya sudah dilengkapi dengan CCTV. Mereka khawatir jika wajahnya tertangkap kamera sehingga akan mudah untuk dilaporkan ke pihak kepolisian dan dikejar, kemudian ditangkap nantinya. Selain itu, pemasangan CCTV ini sangat dianjurkan, apalagi jika Anda sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Teknologi saat ini sangat memudahkan, sehingga Anda bisa memantau keadaan di rumah secara langsung atau secara real time.

Sistem Alarm

Pemasangan CCTV tidak lengkap jika tidak ada alarm di dalam rumah. Dengan ada kedua benda ini, maka semakin tinggi juga keamanan di rumah Anda. Tentu saja, fungsi dari alarm ini untuk memberikan tanda bahwa ada seseorang yang masuk ke dalam rumah Anda. Suara dari alarm yang cukup kencang dan berisik juga bisa membuat orang-orang di sekitar rumah Anda sadar dan segera menuju rumah Anda untuk melihat penyebab dari bunyinya alarm tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *